Update Penetapan NIP CPNS Semua Formasi Via SAPK BKN Akan Diposting Pada Tanggal 10, 20, 30 Setiap Bulannya.

Senin, 11 Desember 2017

Proses Penetapan Nomor Induk PNS Diumumkan 1 Januari 2018

Sahabat pembaca Info NIP Baru, sudah tahukah anda bahwa Badan Kepegawaian Negara (BKN) memastikan jika proses penetapan nomor Pegawai Negeri Sipil (PNS) bagus peserta CPNS 2018 mundur dari target. Dimana sebelumnya, dijadwalkan penetapan nomor identitas pegawai (NIP) CPNS 2017 mulai tanggal 1 Desember 2017.

Kepala BKN Bima Hariya Wibisana mengatakan pengumuman nomor pegawai akan mulai diumumkan pada awal tahun 2018 mendatang, atau tepatnya pada tanggal 1 Januari 2018 mendatang. Meskipun mundur satu bulan, tidak ada tambahan anggaran dalam proses penerimaan CPNS 2017 tersebut.

"Iya harusnya tanggal 1 Desember, akhirnya kita tambah jadi akan diumumkan pada tanggal 1 Januari 2018. Enggak ada tambahan anggaran lagi," ujarnya saat ditemui di Kantor Pusat BKN, Jakarta, Senin (11/12/2017) .

Bima memastikan pengunduran jadwal penetapan NIP bukan karena adanya kesalahan teknis seperti yang terjadi beberapa waktu lalu terhadap Kementerian Keuangan. Karena menurutnya, kesalahan teknis beberapa waktu lalu sudah diperbaiki.

"Saya kira sih enggak ada (kesalahan teknis) karena sudah ada datanya waktu seleksi administrasi. Ini tinggal penetapannya saja sepanjang itu enggak ada yang protes," jelasnya.

Menurutnya Bima, alasan kenapa pihaknya melakukan pengunduran dalam penetapan NIP adalah lebih dikarenakan dirinya harus melakukan verifikasi lebih lanjut terhadap peserta yang lolos seleksi. Karena ada beberapa peserta yang melakukan protes tentang persyaratan dari peserta yang lulus.

"Kenapa kita tunda penetapan pengumuman, karena itu harus kita verifikasi lagi," jelasnya.

Salah satu contohnya adalah salah kasus akreditas universitas. Dirinya mendapatkan beberapa laporan dari masyarakat adanya ketidakaesuain dengan yang aslinya.

"Misalnya cum laude, kan sudah ada ketetapannya. Terus akreditasi universitas, kita akan cek betul enggak nih akreditasinya. Karena itu kan persyaratan tersendiri dalam penilaian nah itu akan kita dekat satu persatu. Karena ada pengaduan dari orang-orang ini yang cum laude sebenarnya tidak cum laude jadi kita periksa," jelasnya.

Sebagai informasi, Penerimaan calon pegawai negeri sipil (CPNS) tahap kedua dipastikan mundur. Beberapa kementerian/lembaga penyelenggara rekrutmen calon abdi negara hingga kemarin belum menyelesaikan tahapan seleksi sehingga target penetapan nomor identitas pegawai CPNS 2017 mulai tanggal (TMT) 1 Desember 2017 meleset.

Seleksi rekrutmen CPNS tahap kedua diikuti 61 instansi pemerintah baik pusat atau pun daerah. Seleksi CPNS tahap II ini menyediakan 17.928 formasi. Tercatat 1.295.925 pelamar mengikuti tahapan seleksi.

Sebelumnya pemerintah juga melakukan seleksi tahap CPNS tahap I yang diikuti dua instansi. Kedua instansi tersebut yakni Kementerian Hukum dan HAM serta Mahkamah Agung.

Berita ini bersumber dari Okezone.
Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Facebook Page

Pesan Sponsor

Entri Populer

Pesan Sponsor

Pesan Sponsor

loading...

Statistik Blog

Diberdayakan oleh Blogger.